PengertianTanah dan Nutrisi Tumbuhan

 A.  Komponen Tanah

Tanah adalah lapisan yang menyeliputi bumi antara litosfer (batuan yang membentuk kerak bumi) and atmosfer. Tanah adalah tempat tumbuhnya tanaman dan mendukung hewan dan manusia. Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan tanaman dan organisme, membentuk tubuh unik yang menyelaputi lapisan batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai pedogenesis. Proses yang unik ini membentuk tanah sebagai tubuh alam yang terdiri atas lapisan-lapisan atau disebut sebagai horizon. Setiap horizon dapat menceritakan mengenai asal dan proses-proses fisika, kimia dan biologi yang telah dilalui tubuh tanah tersebut.

Selain mempelajari faktor dan proses pembentukan tanah, ilmuwan tanah juga mempelajari sifat-sifat dan proses-proses fisika, kimia dan biologi dalam tanah.
 Fungsi Tanah :
·         Tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran
·         Penyedia kebutuhan primer tanaman (air, udara, dan unsur-unsur hara)
·         Penyedia kebutuhan sekunder tanaman
·         Sebagai habitat biota tanah, baik yang berdampak positif karena terlibat langsung atau tak langsung dalam penyediaan kebutuhan primer dan sekunder tanaman tersebut, maupun yang berdampak negatif karena merupakan hama & penyakit tanaman.

Komponen penyusun tanah :
1. Bahan Padatan berupa bahan mineral
2. Bahan Padatan berupa bahan organik
3. Air
4. Udara

presentase komponen penyusun tanah

Bahan Mineral (45%)
  • ·         Terdiri dari kumin mineral -pasir (kuarza), dan kelodak.
  • ·         Kuarza mengandungi silika dioksida± sebagai komponen tanah yang penting.
  • ·         Kumin pasir dan kelodak mempunyai silika dioksida tinggi ± tidak terlibat dalam tindakbalas kimia dalam tanah.
  • ·         Kumin liat terdiri dari silika oksida, oksida ferum dan aluminium.


Bahan organik (5%)BOoo2. BAHAN ORGOrganikO
  • ·         Bahan organik terhasil daripada pereputan sisa tumbuhan dan haiwan.
  • ·         Humus ialah hasil akhir pereputan bahan organik.
  • ·         Sumber bahan organik - sisa tumbuhan dan haiwan, najis, tumbuhan dan haiwan mati
  • ·         Bakteria dan kulat merupakan agen penguraian yang mengurai bahan organik di dalam tanah. U

       Udara ( 25%)A 25%
  • ·  Rongga tanah yang tidak diisi dengan air akan diisi oleh udara (gas tanah).
  • ·         Gas tanah mengandungi banyak karbon dioksida dan kelembapan tinggi berbanding di atmosfer.
  • ·         CO2 lebih banyak kerana respirasi akar dan organisme tanah dan pereputan bahan organik di dalam tanah. CO2 yang dibebaskan terperangkap di dalam tanah.
  • ·         Gas oksigen tanah penting untuk respirasi akar dan organisma tanah. 4. AIR 25
Air  (25%)
  • ·         Rongga tanah halus dipenuhi cecair dan rongga lebih besar terisi gas.
  • ·         Kandungan air tanah pada paras muatan medan memastikan bekalan oksigen mencukupi.

B.  Air Tanah
Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Air tanah merupakan salah satu sumber daya air yang keberadaannya terbatas dan kerusakannya dapat mengakibatkan dampak yang luas serta pemulihannya sulit dilakukan.
Selain air sungai dan air hujan, air tanah juga mempunyai peranan yang sangat penting terutama dalam menjaga keseimbangan dan ketersediaan bahan baku air untuk kepentingan rumah tangga (domestik) maupun untuk kepentingan industri. Dibeberapa daerah, ketergantungan pasokan air bersih dan air tanah telah mencapai ± 70%.
Ciri-ciri air yang mengandung kadar besi tinggi atau kandungan senyawa organik tinggi bisa dilihat sebagai berikut :
·       Air mengandung zat besi
Air dengan kandungan zat besi tinggi akan menyebabkan air berwarna kuning. Pertama keluar dari kran, air nampak jernih namun setelah beberapa saat air akan berubah warna menjadi kuning. Hal ini disebabkan karena air yang berasal dari sumber air sebelum keluar dari kran berada dalam bentuk ion Fe2+, setelah keluar dari kran Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ yang berwarna kuning.
·       Air kuning permanen
Air kuning permanen biasanya terdapat di daerah bakau dan tanah gambut yang kaya akan kandungan senyawa organik. Berbeda dengan kuning akibat kadar besi tinggi, air kuning permanen ini sudah berwarna kuning saat pertama keluar dari kran sampai beberapa saat kemudian didiamkan akan tetap berwarna kuning.[1]

C.  Nutrisi Tumbuhan
Tumbuhan memerlukan kombinasi yang tepat dari berbagai nutrisi untuk tumbuh, berkembang, dan bereproduksi. Ketika tumbuhan mengalami malnutrisi, tumbuhan menunjukkan gejala-gejala tidak sehat. Nutrisi yang terlalu sedikit atau yang terlalu banyak dapat menimbulkan masalah.
Nutrisi tumbuhan dikategorikan menjadi 2 kelompok, yaitu :

1. Makronutrien.
Makronutrien adalah elemen-elemen yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah banyak, yaitu nitrogen, kalsium, potasium, sulfur, magnesium, dan fosfor.

2. Mikronutrien
Mikronutrien adalah elemen-elemen yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah sedikit, seperti besi, boron, mangan, seng, tembaga, klor, dan molybdenum. Baik makro dan mikronutrien diperoleh akar tumbuhan melalui tanah.
Akar tumbuhan memerlukan kondisi tertentu untuk dapat mengambil nutrisi-nutrisi tersebut dari dalam tanah. Pertama, tanah harus lembap sehingga nutrien dapat diambil dan ditransport oleh akar. Kedua, pH tanah harus berada dalam rentang dimananutrien dapat dilepaskan dari molekul tanah. Ketiga, suhu tanah harus berada dalam rentang dimana pengambilan nutrien oleh akar dapat terjadi. Suhu, pH, dan kelembapan optimum untuk tiap spesies tumbuhan berbeda. Hal ini menyebabkan nutrien tidak dapat dipergunakan oleh tumbuhan meskipun nutrien tersebut tersedia di dalam tanah.
Pertumbuhan tanaman tidak hanya dikontrol oleh faktor dalam (internal), tetapi juga ditentukan oleh faktor luar (eksternal). Salah satu faktor eksternal tersebut adalah unsur hara esensial. Unsur hara esensial adalah unsur-unsur yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman. Apabila unsur tersebut tidak tersedia bagi tanaman, maka tanaman akan menunjukkan gejala kekurangan unsur tersebut dan pertumbuhan tanaman akan terhambat. Berdasarkan jumlah yang diperlukan kita mengenal adanya unsur hara makro dan unsur hara mikro.
Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya. Hampir semua makhluk hidup bergantung dari energi yang dihasilkan dalam fotosintesis. Akibatnya fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi. Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi.

Proses Perolehan Nutrisi dan Transformasi Energi Pada Tumbuhan
Tanaman merupakan organisme autotrofik, artinya mampumembentuk makannya sendiri (senyawa organik) dari bahan-bahan anorganik melalui prosesfotosintesis. Akar, batang, daun sudah teradaptasi sedemikian rupauntuk mendukung keperluan tumbuhan dalam memperoleh dan mengolahnutrisi baik daritanah maupun udara.Tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri dengan fotosintesis.

nutrisi tanah

D.  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Mineral

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan mineral adalah :
  • ·        Suhu
  • ·         Konsentrasi ion H+
  • ·       Cahaya


E.  Peranan dan Gejala Difisiensi Mineral
Mineral adalah senyawa alami yang terbentuk melalui proses geologis. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk).
Mineral mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu tanah, antara lain sebagai indikator cadangan sumber hara dalam tanah dan  indikator muatan tanah beserta lingkungan pembentukannya.

Fungsi dan Manfaat Mineral

Ketika disandingkan dengan kata vitamin, mineral memegang peranan penting bagi perkembangan dan kesehatan tubuh. Tubuh yang kekurangan mineral merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai macam keluhan penyakit, mulai dari sakit kepala hingga terganggunnya kesehatan jantung.
Mineral ini pun dibagi menjadi dua, yaitu mineral utama yang terdiri dari kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, klorida dan sulfur. Sementara jenis kedua biasa disebut dengan trace mineral, diantaranya adalah zat besi, seng, mangnesium, kobalt, tembaga, yodium, kromium, selenium, nikel dan silikon.
Setiap sumber mineral itu pun memliki fungsi masing-masing yang harus dicukupi, dimana kadar mineral dalam tubuh dari kedua jenis ini harus tetap seimbang demi kesehatan tubuh. Caranya tak lain dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan, susu, dan sayuran yang menjadi sumber mineral alami. Misalnya bila kita meningkatkan konsumsi pisang, tomat, susu kedelai, dan bayam, maka hal ini berguna untuk memberi asupan kalium yang cukup bagi tubuh. Kalium sendiri dibutuhkan untuk kesehatan otot dan syaraf. Apabila tubuh kekurangan kalium, risiko timbulnya berbagai keluhan seperti tubuh terasa lemas, nyeri, dan terjadinya ketegangan syaraf pun dapat meningkat. Daun selada, ketimun, kentang, dan kacang merupakan makanan lain yang juga kaya akan kalium. Demikian pula halnya dengan jenis mineral lainnya yang akan menimbulkan dampak tersendiri bila asupan pada tubuh berkurang.
Gejala/Kekurangan mineral:
1.      Nitrogen          : Daun berubah menjadi kuning(chlorosis)
2.      Fosfor              : Kehilangan daun pada pertumbuhan awal
3.      Belerang          : Bermasalah dengan pertumbuhan, tanaman berubah menjadi kuning
4.      Potasium         : Ujung daun dan tepi daun berwarna kuning
5.      Kalsium           : Bagain-bagian tanaman tumbuh tidak sempurna
6.      Magnesium      : Chlorosis, warna memudar, daun rontok
7.      Besi                 : Dun berubah menjadi kuning
8.      Tembaga          : Pertumbuhan tidak sempurna, cepat layu, daun mengisut
9.      Mangan           : Jaringan urat antara daun akan mati
10.  Seng                : Urat daun akan berwarna kekuningan dan pertumbuhan terhambat
11.  Boron              : Daun muda nampak tertutup
12.  Molibdenum    : Bintik kuning pada urat daun
13.  Vanadium       : Pertumbuhan terhambat

                                                                          Kesimpulan

Tanah adalah salah satu sumberdaya alam yang sangat penting. Tidak mungkin ada kehidupan di permukaan bumi tanpa adanya tanah. Berbagai produk tanaman dihasilkan dari tanah, dan produk itu digunakan oleh manusia dan hewan sebagai sumber bahan pangan, pakaian dan bahan bangunan. Meskipun teknologi budidaya tanaman demikian maju, contohnya dengan sistem hidroponik atau aeroponik yang luas, namun tanah sebagai media tumbuh sulit ditinggalkan. Komponen penyusun tanah :
1. Bahan Padatan berupa bahan mineral
2. Bahan Padatan berupa bahan organik
3. Air
4. Udara

0 Response to " PengertianTanah dan Nutrisi Tumbuhan"

Posting Komentar

Saya senang bila anda memberikan kritik dan SARAN kpd saya supaya, blog saya lebih berbobot dan lebih bermakna bagi pembaca
TERIMAKASIH telah berkunjung. see you again